Apa Saja yang Istimewa dari Stadion Baru Everton?

0
Apa Saja yang Istimewa dari Stadion Baru Everton?

Apa Saja yang Istimewa dari Stadion Baru Everton?

Apa Saja yang Istimewa dari Stadion Baru Everton? – Everton berencana pindah ke stadion baru mereka di Bramley-Moore Dock pada awal musim 2025/26. Rencana untuk membangun lahan baru pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017 dan lahan tersebut diperkirakan akan dibuka pada tahun 2025.
Pembicaraan untuk pindah ke stadion baru dimulai sejak tahun 1996, namun dengan beberapa rencana yang diajukan kemudian akhirnya dibatalkan pada tahun 2000-an, kedatangan miliarder Iran Farhad Moshiri sebagai pemilik IDNSCORE pada tahun 2016 yang menggerakkan roda stadion tersebut. Dalam setahun, Bramley-Moore Dock telah diidentifikasi sebagai lokasi yang sempurna untuk stadion baru Everton. Konstruksi pertama kali dimulai pada Agustus 2021 dan diperkirakan menelan biaya total sebesar £500 juta.
Akan ada banyak keistimewaan dari stadion baru ini, apa saja?
Desain Stadion
Stadion Everton akan menjadi stadion dengan bentuk seperti mangkuk yang dibangun dari batu bata, baja dan kaca yang melintasi Sungai Mersey. Desain ini dimaksudkan untuk mengambil inspirasi dari bangunan maritim di sekitar area dermaga. Basis bata stadion menggunakan pola kisi-kisi silang ikonik arsitek Goodison Park Archibald Leitch yang menghiasi stand Bullens Road.
Stadion ini juga memiliki struktur atap dinamis yang terbuat dari baja dan kaca, sehingga memberikan tampilan modern. Arsitek stadion, Dan Meis, telah menekankan selama proyek berlangsung betapa pentingnya bagi para pendukung untuk merasa sedekat mungkin dengan aksi di lokasi baru. Oleh karena itu, tribun penonton dibangun dengan curam, sehingga memberikan kesan sedekat mungkin pemain di lapangan. Stand Selatan dirancang sangat curam yang direncanakan memiliki 13.000 kursi serta area berdiri yang aman. Fan Plaza diperkirakan seluas 30.000 kaki persegi dan akan terletak di sebelah timur stadion.
Waktu Peresmian
Klub secara resmi mengkonfirmasi pada bulan Desember 2023, bahwa mereka akan secara resmi pindah ke stadion baru pada awal musim 2025/26, meskipun faktanya stadion tersebut dijadwalkan akan selesai pada minggu-minggu terakhir tahun 2024. Keputusan ini didasarkan pada alasan komersial dan alasan logistik serta survei yang dikirimkan kepada seluruh pendukung, yang diikuti oleh hampir 10.000 pendukung.
Lapangan akan dibuka pada tahun 2025 dan antara penyelesaian konstruksi dan awal musim 2025/26, acara uji coba akan diadakan di stadion baru untuk mendapatkan sertifikat keselamatan, serta memungkinkan warga Everton untuk menyesuaikan diri dengan stadion kandang mereka. Sean Dyche telah memastikan The Toffees akan bermain di Premier League pada musim terakhir mereka di Goodison Park dan prioritasnya kini beralih untuk memastikan Everton masih menjadi tim papan atas pada saat mereka memainkan pertandingan kompetitif pertama mereka di stadion baru.
Warisan The Godison Park
Sebuah informasi penting bagi semua warga Everton adalah apa yang akan terjadi dengan Goodison Park setelah mereka pindah. Klub segera menjawab pertanyaan ini dengan meluncurkan Proyek Rakyat, yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dari penggemar mengenai perpindahan ke stadion baru dan warisan yang akan ditinggalkan Goodison Park.
Pada musim panas 2019, sebuah survei dikirimkan ke warga Everton dan mengungkapkan proposal klub sebagai bagian dari Proyek Warisan Goodison. Klub menegaskan kembali bahwa mereka akan tetap mengendalikan situs tempat Goodison saat ini berada dan berencana mengubahnya menjadi pengembangan serba guna.
Terdapat juga rencana untuk membangun pusat kesehatan IDNSCORE serba guna, zona usaha pemuda dan tempat layanan keuangan dan profesional, serta restoran, kafe, tempat minum, dan layanan bawa pulang. Diharapkan bahwa perkembangan ini akan menciptakan hingga 15.000 lapangan kerja baru, menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya dan menghasilkan nilai sosial sekitar £237 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *