PSM Makassar Terancam Bangkrut, Bos Besar Tambang

0
PSM Makassar Terancam Bangkrut, Bos Besar Tambang Kalimantan Ini Mau Beli

PSM Makassar Terancam Bangkrut, Bos Besar Tambang Kalimantan Ini Mau Beli

PSM Makassar Terancam Bangkrut, Bos Besar Tambang Kalimantan Ini Mau Beli –

Situasi finansial yang membelenggu klub Liga 1 PSM Makassar saat ini telah mencuat ke permukaan. 

 

Klub berjuluk Juku Ting ini dilaporkan terlilit utang miliaran rupiah, sehingga berdampak pada tertunggaknya gaji sejumlah pemain yang kemudian membuka suara melalui media sosial hingga menjadi perbincangan trending.

 

Salah satu kreditur PSM Makassar yang belum menerima pembayaran utang adalah Shesie Erisoya. 

 

Dia mengungkapkan bahwa manajemen PSM yang dinahkodai Munafri Arifuddin dan Sadikin Aksa berutang kepadanya untuk keperluan operasional tim MPO08, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda pembayaran akan dilunasi.

 

Kuasa hukum Shesie Erisoya, Agus Amri, bahkan membuka suara terkait masalah ini. 

 

Dia menyebutkan bahwa kliennya merasa ditipu oleh Munafri dan Sadikin karena kedua petinggi PSM Makassar tersebut mengeluarkan cek kosong atau fiktif senilai Rp 500 juta untuk melunasi utang mereka.

 

“Pidananya jelas dengan cek kosong yang saya tunjukkan tadi, ditolak pihak bank. Penipuan, penggelapan sejumlah dana, itu juga tindak pidana, nanti akan dirinci lagi,” tegas Agus Amri.

 

Di tengah situasi yang mencekam ini, muncul kabar bahwa seorang pengusaha tambang asal Kalimantan Selatan bernama Samsuddin Arsyad alias Haji Isam berminat untuk mengakuisisi PSM Makassar. 

 

Dengan latar belakang sebagai pengusaha sukses di industri pertambangan, Haji Isam diharapkan dapat membawa angin segar dan menyelamatkan klub dari krisis finansial yang membelitnya.

 

Meski belum ada konfirmasi resmi, ketertarikan Haji Isam untuk mengakuisisi PSM Makassar dianggap sebagai peluang emas bagi klub untuk membangun kembali fondasi yang kokoh dan meraih kesuksesan di kancah sepak bola nasional.

 

Seluruh pemangku kepentingan dan pendukung setia PSM Makassar tentunya berharap agar masalah finansial yang melanda klub dapat segera terselesaikan, baik melalui akuisisi oleh Haji Isam maupun solusi lain yang dapat mengembalikan kejayaan Juku Ting di persepakbolaan Indonesia.

 

Agus Amri mengumumkan rencananya untuk mengambil langkah hukum terhadap kasus utang yang melibatkan PSM Makassar. 

 

Selain akan mengajukan gugatan secara perdata dan melaporkan kasus tersebut kepada kepolisian, dia juga berencana untuk melaporkan masalah ini ke FIFA agar pihak manajemen PSM dikenai sanksi.

 

 Agus menyatakan bahwa langkah-langkah ini akan segera dilakukan secara bersamaan.

 

Dalam situasi yang penuh kontroversi ini, terdengar kabar tentang rencana akuisisi PSM Makassar oleh Samsuddin Arsyad, yang juga dikenal sebagai Haji Isam, seorang bos tambang dari Kalimantan Selatan.

 

Haji Isam adalah pemilik PT Jhonlin Group, sebuah perusahaan tambang yang besar di Kalimantan. Sebelumnya, perusahaan ini juga menjadi sponsor untuk klub Liga 1, Barito Putera.

 

Lahir di Bone, Sulawesi Selatan, Haji Isam memiliki nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad. Dengan latar belakang ini, kemungkinan besar dia akan mengambil alih kepemilikan PSM Makassar.

 

Awalnya, Haji Isam mengenal dunia bisnis melalui pengalaman di industri batubara. Setelah meninggalkan perusahaan tersebut, dia membangun PT Jhonlin Group sebagai upaya untuk mencari keberuntungan.

 

Tidak hanya terbatas pada sektor tambang batubara, Haji Isam juga memiliki bisnis di bidang lain, seperti Jhonlin Air Transport, yang bergerak di sektor penerbangan.

 

Selain itu, Haji Isam juga memiliki usaha di bidang transportasi perkapalan, dengan kepemilikan 16 kapal pengangkut batubara yang mendukung bisnis tambangnya.

 

Salah satu bisnis lain yang dimilikinya adalah Jhonlin Agromandiri, yang berfokus pada pengelolaan kelapa sawit MPO08.

 

Kekayaan Haji Isam semakin bertambah pada tahun 2021 dengan diresmikannya Pabrik Biodiesel miliknya, PT Jhonlin Agro Raya (JAR), secara langsung oleh Presiden Jokowi.

 

Selain bisnisnya, Haji Isam juga memiliki minat dalam dunia balap dan otomotif, yang mendorongnya untuk mendirikan Jhonlin Racing Team.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *